Thursday 9 January 2014

Pizza Sayur : Tanpa Telur, Tanpa Diuleni & Rendah Kalori! ^_^


Pizza tanpa diuleni yang empuk dengan topping sayuran dan saus putih, rendah kalori ^_^. Bikinnya super gampang. Semua bahan roti pizza tinggal diaduk menjadi satu, lalu didiamkan hingga mengembang. Setelahnya tinggal di tata dalam loyang, beri topping sayuran sesuai selera, panggang 10 menit hingga matang. Praktis, cepat, lezat, dan sehat pastinya ^_^.

Pizza ini sudah lama saya bikin, beberapa hari setelah saya bikin pizza sosis jagung yang sebelumnya sudah pernah saya posting disini. Tapi seperti biasa, file yang sudah saya pindahkan ke laptop akhirnya tenggelam dan baru ketemu kemarin. Jadi maaf ya teman-teman, postingan saya beberapa hari kedepan mungkin resep dan masakan yang udah saya bikin agak lama, watermark nya udah pasti 2013 semua. Saya pengen beresin file dulu di laptop, jadi yang belum saya posting, saya posting dulu. Sedangkan masak-masakan saya yang baru-baru ini saya bikin (termasuk request dari beberapa teman) masih ngantri dulu mostingnya, hehehe ^_^.


Baca Selengkapnya ... >>
Niatnya pas bikin pizza ini rencananya pengen saya kasih macem-macem topping aneka sayuran. Tapi apa mau dikata, pas pagi-pagi buka kulkas ternyata isi sayuran di kulkas saya sudah sangat menipis. Padahal adonan sudah siap untuk proofing kedua karena adonan udah saya bikin dari semalem. Akhirnya saya pakai saturan seadanya yang ada di kulkas saya, yaitu jagung, tomat dan jamur kancing. Tomatnya ga gitu kelihatan ya, soalnya warnanya pucet, belum terlalu merah, jadi kayak menyatu sama warna saus pizza di bawahnya. Sayuran yang dipakai bisa apa aja ya teman-teman, saya dulu pernah bikin pizza pakai terong juga enak. Selain terong bisa juga pakai aneka jamur, paprika, kentang, brokoli, dst. Tinggal disesuaikan saja dengan selera.

Resepnya masih sama persis dengan resep pizza tanpa diuleni yang sebelumnya sudah pernah saya posting di blog ini. Hanya toppingnya saja yang berbeda. Jadi kalau mau lihat foto-foto step by step nya, bisa langsung klik link di atas ya teman-teman. Berikut saya tuliskan lagi resepnya...



PIZZA EMPUK TANPA DIULENI
Diadaptasi dari : pizza empuk tanpa diuleni dan foodwishes

Untuk 1 loyang bundar diameter 24 cm

Bahan:
- 1 sdt ragi instan
- 120 ml air hangat
- 140 gr tepung terigu
- 1 sdt gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdm minyak sayur

Topping:
- jagung manis pipil, rebus sebentar
- tomat merah/hijau (atau keduanya), buang bijinya, potong dadu
- jamur kancing, iris tipis (atau pakai jamur kalengan siap pakai)

- Saus tomat botolan, atau klik disini untuk resep saus pizza.
- Keju mudah leleh (quick melt)/keju mozarella/saus putih. Resep saus putih klik disini.

Cara membuat:
Step by step beserta gambarnya sudah pernah saya posting sebelumnya disini.

- Masukkan ragi instan, gula, dan air dalam baskom. Aduk hingga ragi dan gula larut. Masukkan tepung terigu, garam, dan minyak sayur. Aduk hingga tercapur rata. Tutup dengan kain besar. Diamkan 1-2 jam hingga mengembang minimal 2 kali lipat (proofing). - kemarin saya diamkan 6 jam di suhu ruang yang dingin, tinggal tidur seperti biasa ^_^

- Kempeskan adonan dengan cara mengaduknya dengan sendok kayu (saya pakai sendok nasi :). Taburi meja dengan tepung. Tempatkan adonan di meja datar. Usahakan tangan selalu dilumuri dengan tepung selama pengerjaan karena adonan sangat lengket. Pipihkan adonan dengan telapak tangan. Anda tidak membutuhkan rolling pin karena adonan yang dihasilkan sangat mudah dibentuk dan tidak melawan ketika dilebarkan dalam loyang.

- Ratakan dalam loyang yang sudah dioles minyak dan ditaburi tepung. Diamkan 15-20 menit. Panggang dengan suhu tinggi selama 10 menit hingga bagian atas terlihat kering dan sedikit kecoklatan. Keluarkan dari oven, olesi dengan saus botolan dan topping sesuai selera. Panggang 5 menit. Keluarkan, taburi dengan keju mudah leleh atau saus putih, panggang 3 menit, angkat, sajikan.



Gampang kan? Selamat mencobaaaa ^_^

4 komentar:

  1. Hari ini pingin bikin pizza ah ^^

    ReplyDelete
  2. Ayoo mba hana... Lempar-lempar kemari ya kalo udah mateng, hehehe ^_^

    ReplyDelete
  3. Kemarin dah nyoba uenakk bukan main lho.. hehehe .. hari ini bikin lagi3 loyang ..lagi di oven ...ntar tak bagi ya ;-)

    ReplyDelete
  4. Waaa,,, mau dong mba, saya udah lama ni nggak nge-pizza, baca komen-nya mba Yune jadi pengen bikin pizza lagi ^_^
    Terimakasih ya Mba sudah mampir :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...