Tuesday 7 January 2014

Klepon Pandan



Klepon adalah snack tradisional favorit saya dari kecil. Dulu si mamih sering sekali bikin klepon, saya ikut bantuin bulet-buletin kleponnya. Menurut saya klepon adalah snack tradisional yang paling gampang bikinnya. Bahan adonan tinggal dicampur hingga homogen, ambil adonan, isi dengan gula merah yang sudah disisir, lalu direbus. Begitu matang lalu digulingkan ke dalam parutan kelapa yang sudah diberi sedikit garam. Saya paling suka sensasinya saat klepon digigit, 'klethus', dan setelahnya filling gula jawa terasa lumer sekali di mulut. Ah, membuat ingatan saya kembali ke belasan tahun yang lalu saat saya masih anak-anak ^_^

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnyan tidak ada yang sulit dalam pembuatan klepon ini. Semua bahan kulit tinggal dicampur menjadi satu, uleni sebentar hingga tercampur rata. Masukkan air sedikit demi
sedikit, jangan sekaligus. Kalau dirasa adonan sudah bisa dipulung, hentikan penambahan air. Air yang berlebihan membuat adonan susah dibentuk. Tapi kalau airnya udah terlanjur kebanyakan ga usah panik ya, tinggal tambahan tepung ketannya sedikit demi sedikit hingga dirasa cukup.


Baca Selengkapnya ... >>



Air yang digunakan bisa menggunakan air perasan daun pandan/suji yang sudah diblender. Tapi kemarin saya pilih praktisnya saja dengan menggunakan air biasa, lalu adonan saya tambahi beberapa tetes pasta pandan. Males banget kemarin mau keluar nyari pandan di kebun karena seharian hujan. Males juga ngeluarin blender, hehehe. Kalau sudah dihadapkan dengan kata malas jadi speechless rasanya ^_^.

Kemarin saya bikin klepon ini sama adek saya. Kebetulan bu dokter ini lagi libur semesteran, jadi bisa bantuin di dapur. Tapi kayaknya kemarin dia kebanyakan masukin gula merahnya ke adonan kulit, jadinya
pas udah mau masuk ke panci, udah bocor itu kleponnya. Saran saya, jangan terlalu banyak memasukkan isian ya, secukupnya saja. Terus masukinnya juga pakai sendok, soalnya kalau pakai tangan gulanya cepat
meleleh karena terkena panas tubuh.


Berikut resepnya ya...

KLEPON PANDAN

Bahan:
- 200 gr tepung ketan putih
- 160 ml air hangat
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt pasta pandan
- gula merah secukupnya, disisir, untuk isian
- kelapa parut secukupnya ditambah sejumput garam

Cara Membuat:
- Campur tepung ketan putih dan garam, aguk rata. Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam tepung. Uleni ringan dengan tangan asal tercampur rata saja.


- Masukkan pasta pandan ke adonan, uleni lagi hingga tercampur rata.


- Ambil adonan sebesar kelereng. Bentuk bulat. Pipihkan bagian tengahnya dengan menggunakan bantuan ibu jari hingga membentuk cekungan.


- Letakkan gula merah di cekungan tersebut, ambil gula merah dengan menggunakan sendok. Bulatkan lagi.


- Rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit, angkat, tiriskan, biarkan hingga dingin. Gulingkan di atas parutan kelapa, sajikan.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...